Ulasan HP X27q: 1440p 165Hz 1ms FreeSync IPS Gaming Monitor

HP X27q adalah salah satu monitor gaming dengan kecepatan refresh tinggi 27″ 1440p IPS yang paling terjangkau dengan kecepatan waktu respons piksel GtG 1 ms yang cepat, menjadikannya pilihan yang menarik bagi pemain kompetitif. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentangnya, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan aoc cq27g2 monitor gaming melengkung 1440p 144hz.

Kualitas gambar

Monitor HP X27q didasarkan pada panel Nano IPS yang sama yang digunakan di Dell S2721DGF yang populer, tetapi dengan lampu latar yang berbeda, menghasilkan cakupan gamut DCI-P3 yang lebih rendah.

Pembaruan : Tampaknya beberapa unit HP X27q menggunakan panel berbeda oleh BOE (MV270QHM) dengan kinerja yang cenderung lebih rendah. Bagaimanapun, kami merekomendasikan MSI G273QF pada kisaran harga ini.

Sementara HP mengklaim 99% sRGB gamut untuk model X27q, sebenarnya sedikit lebih besar dari itu dengan ukuran gamut sRGB ~110%. Jadi, Anda akan mendapatkan warna yang sedikit lebih jenuh dari biasanya, tetapi tidak sebanyak Dell S2721DGF dengan ukuran gamut sRGB ~135%.

Sayangnya, tidak ada mode emulasi sRGB pada HP X27q, tetapi karena saturasi berlebihnya ringan, sebagian besar pengguna tidak akan melihatnya sebagai masalah karena Anda hanya mendapatkan sedikit semangat warna ekstra.

Panel IPS juga menyediakan sudut pandang lebar 178°, memastikan kualitas gambar yang konsisten terlepas dari sudut pandang Anda di layar.

Lebih lanjut, HP X27q memiliki kecerahan puncak 400-nit yang kuat, sehingga bisa mendapatkan lebih dari cukup terang bahkan di ruangan yang cukup terang.

Seperti yang diharapkan dari layar IPS, rasio kontras statis berada di sekitar 1.000:1, yang berarti bahwa warna hitam tidak akan sedalam panel VA dengan rasio kontras sekitar 3.000:1, tetapi teknologi VA memiliki kekurangannya sendiri.

Kelemahan lain dari monitor IPS adalah IPS glow ; itu ditandai sebagai terlihat bersinar di sekitar sudut layar pada sudut tertentu, tetapi sebagian besar terlihat dengan konten gelap di ruangan gelap dan pengaturan kecerahan tinggi.

Intensitas cahaya IPS bervariasi di berbagai unit monitor, tetapi dalam kebanyakan kasus, itu dapat diabaikan atau dapat ditoleransi.

HDR (Rentang Dinamis Tinggi) juga didukung, namun, karena monitor tidak memiliki perangkat keras yang tepat untuk pengalaman menonton HDR yang luar biasa, Anda dapat mengabaikannya. Ada 8 zona peredupan, tetapi tidak terlalu efektif.

Selanjutnya, resolusi layar WQHD (2560×1440) memberikan banyak ruang layar serta detail dan teks yang tajam pada layar monitor 27″ yang dapat dilihat berkat kerapatan piksel tinggi 108 PPI (piksel per inci).

Ini juga berarti bahwa Anda tidak perlu menggunakan penskalaan apa pun untuk membuat teks kecil dapat dibaca, dan 1440p jauh lebih mudah untuk dikendarai daripada 4K UHD, memungkinkan Anda mempertahankan frekuensi gambar yang lebih tinggi, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Selanjutnya, monitor HP X27q memiliki input lag yang rendah sekitar 4ms, sehingga Anda tidak akan dapat merasakan atau melihat adanya penundaan antara tindakan Anda dan hasilnya di layar.

Kinerja kecepatan waktu respons sangat baik karena tidak ada bayangan yang terlihat di belakang objek yang bergerak cepat. Ada empat pengaturan overdrive, dari Level 1 hingga Level 4. Di bawah 100Hz, kami sarankan menggunakan mode Level 1, sedangkan untuk di atas 100Hz, Anda dapat menggunakan Level 2 untuk kinerja yang sedikit lebih jelas tanpa overshoot.

Selanjutnya, monitor mendukung Adaptive-Sync dengan sertifikasi FreeSync Premium. Teknologi ini memungkinkan layar untuk mengubah kecepatan refreshnya secara dinamis dan sesuai dengan kecepatan bingkai GPU. Akibatnya, robekan layar dihilangkan tanpa dampak nyata pada latensi input hingga 165Hz/FPS (Frames Per Second).

Rentang kecepatan refresh variabel (VRR) yang didukung adalah 60-165Hz. Di bawah 60FPS, LFC (Low Framerate Compensation) masuk dan melipatgandakan frame rate agar tidak robek (59FPS -> 118Hz). Meskipun layar HP X27q tidak secara resmi disertifikasi oleh NVIDIA sebagai ‘Kompatibel G-SYNC’, VRR bekerja tanpa masalah dengan kartu GeForce yang kompatibel.

Fitur

Selain itu, monitor mendukung Motion Blur Reduction melalui fitur MPRT. Teknologi ini menggunakan lampu latar yang menyala untuk mengurangi kekaburan gerakan yang dirasakan dengan mengorbankan kecerahan gambar. Namun, MPRT tidak dapat aktif bersamaan dengan VRR pada Gaming Monitors ini.

Ada lima pengaturan MPRT, memungkinkan Anda untuk memilih antara kecerahan gambar dan kejelasan gerak trade-off; semakin halus gerakannya, semakin gelap layarnya, dan sebaliknya.

Perhatikan bahwa untuk kinerja MBR terbaik, kecepatan bingkai Anda harus sesuai dengan kecepatan refresh, dan nyala lampu latar itu menyebabkan layar berkedip yang tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi mereka yang sensitif terhadapnya mungkin mengalami sakit kepala setelah digunakan dalam waktu lama.

Saat MPRT dinonaktifkan, lampu latar benar-benar bebas kedip. Selain itu, ada filter cahaya biru rendah terintegrasi.

Ada empat tombol pintas yang digunakan untuk navigasi melalui menu OSD (On-Screen Display) monitor. Kami lebih suka joystick terarah, tetapi ini menyelesaikan pekerjaan juga, meskipun agak kikuk untuk digunakan.

Desain & Konektivitas

Dudukan monitor kokoh dan serbaguna dengan penyesuaian ketinggian hingga 100mm, kemiringan -5°/20°, pivot 90° searah jarum jam, dan kompatibilitas pemasangan VESA 100x100mm.

Opsi konektivitas mencakup satu port HDMI 2.0 (meskipun beberapa lembar spesifikasi online mencantumkan dua port), satu input DisplayPort 1.4, dan jack headphone.

Perhatikan bahwa port HDMI 2.0 dibatasi hingga 144Hz pada 1440p (rentang FreeSync 55-144Hz), sedangkan input DP 1.4 memungkinkan untuk 165Hz pada 1440p dengan kedalaman warna 10-bit penuh dan sinyal tidak terkompresi 4:4:4.

Sekarang, HP X27q memiliki lapisan ‘kenyamanan mata’ yang unik yang selanjutnya mengurangi emisi cahaya biru rendah yang berbahaya. Sayangnya, lapisan anti-silau ini berdampak negatif pada kejernihan gambar karena membuat gambar tampak agak berbintik.

Jadi, kecuali jika Anda sulit tidur setelah melihat layar komputer, pengorbanan dalam kualitas gambar yang disebabkan oleh lapisan yang memudahkan mata tidak sepadan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *